Ahlan Wa Sahlan

IQRO ( BACALAH )

Bacalah dirimu, Bacalah dari apa engkau dijadikan

Bacalah kejadian demi kejadian, Bacalah masa lalu, dan apa-apa yang ditinggalkan, Bacalah masa kini, dan apa-apa yang ada disekitarmu, Bacalah masa yang akan datang dan apa-apa yang akan dan tentu terjadinya.

Sungguh ALLOH telah memberimu berlimpah-limpah, dan tegak kanlah kebenaran itu dengan daya juang yang tak kenal payah dan henti ( sabar),......................

Selamat datang ana ucapkan kepada akhi dan ukhti, semoga apa yang tertulis di blog ini bermanfaat bagi kita dalam menSyiarkan Islam, serta sebagai media bagi kita untuk saling bersilaturahmi.

Kritik dan saran dapat di sampaikan ke is.majid@gmail.com

Wassalam

AddThis

Bookmark and Share

Kamis, 18 Oktober 2007

Ketika Harus Memutuskan

Oleh : Reza Ervani

“Small Decision are Big Business for Small Business”

Jika anda sering memperhatikan iklan, maka anda akan dapatkan potongan kalimat itu.
Penulis suka kalimat itu. Sebuah nasehat tentang pentingnya sebuah keputusan ”kecil”.

Tak terhitung berapa banyaknya sudah keputusan yang sudah kita ambil dalam hidup ini. Ada yang sangat tepat, tak jarang pula yang keliru dan melahirkan konsekuensi yang tak mudah.
Sebuah kalimat dari Sun Tzu cukup menginspirasi :

”Jenderal yang bijaksana akan mempertimbangkan faktor yang menguntungkan dan yang tidak menguntungkan yang terlihat di hadapannya. Ketika mempertimbangkan faktor yang menguntungkan, dia membuat rencananya dapat dilakukan, ketika mempertimbangkan faktor yang tidak menguntungkan, dia menemukan jalan untuk melepaskan diri dari kesulitan

Rasululah Muhammad saw mengajarkan doa : Allahuma inni a’udzubika minal hammi wal hazan.

Ibn Qayyim mengatakan bawah Hamm (Resah) adalah ketakutan yang ditimbulkan oleh kenangan masa lalu, sedangkan Hazan (Gelisah) adalah ketakutan yang muncul karena prasangka tentang apa yang belum terjadi.

Masa lalu dan masa yang akan datang ...

Dua hal yang menghimpit kita. Dan sungguh keduanya sama sekali tak mampu kita genggam walau sekelebat sekalipun.

Rencana yang baik dan izin Allah adalah perpaduan yang mampu mengangkat kita ke permukaan, untuk melihat ranah ketiga masa dengan lebih luas.

Ÿ Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, kecuali (dengan menyebut): "Insya-Allah" . Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini".

(Al Quran Al Karim Surah Al Kahfi ayat 23-24)

0 Comments: