Oleh : asy-Syaikh Abu Abdil Mu’iz Muhammad Ali Ferkous
[Diterjemahkan dari : http://www.ferkous.com/rep/Bo5.php]
Pertanyaan : Jika aqiqoh dan iedul kurban bertepatan waktu, apakah satu sembelihan bisa mencukupi?
Jawaban :
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على محمد وعلى آله وأصحابه وإخوانه إلى يوم الدين، أمّا بعد:
Dalam madzhab Hanabilah, boleh mencukupi dengan satu sembelihan berdasarkan qiyas, yaitu diqiyaskan dengan bertepatannya hari ied dengan jum’at (1) dan juga cukup mandi sekali saja untuk salah satunya, akan tetapi yang dzohir adalah bahwa tidak boleh melakukan satu kali sembelihan untuk keduanya, karena dua hal tersebut adalah kurban yang berbeda dan tidak bisa digabung dalam satu perbuatan, kecuali jika ada dalilnya, dan tidak ada dalil yang membolehkan hal tersebut berdasarkan sabda beliau shollallohu alaihi wa sallam :
إنّما الأعمال بالنيات وإنّما لكلّ امرئ ما نوى
“Setiap perbuatan itu dengan niat, dan setiap orang mendapatkan apa-apa yang ia niatkan”(2).
Tidak diragukan lagi bahwa maksud kata jamak yang berupa “perbuatan” dan kata jamak lainnya yang berupa “niat” menunjukkan makna masing-masing, yakni setiap perbuatan itu ada niatnya. Inilah hukum asalnya, dan tidaklah keluar dari hukum asal ini kecuali jika ada dalilnya(3). Dan qiyas dalam masalah ibadah tidak bisa membatalkan dalil.
والله أعلم وآخر دعوانا أن الحمد لله ربّ العالمين وصلّى الله على محمّـد وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين، وسلم تسليما.
Catatan kaki :
1. lihat kitab al-Inshof karya al-Mardawi 4/101.
2. Disepakati keshohihannya, dikeluarkan oleh al-Bukhori (1/9, 135), Muslim (13/53) dan para penyusun Sunan yang empat dari hadits Umar bin Khoththob rodhiyallohu anhu.
3. Lihat masalah “تشريك قربتين بعمل واحد” pada jilid 4/54 dari tulisanku : “محاسن العبارة في تجلية مقفلات الطهارة”.
——————–
الفتوى رقم: 333
الصنف: فتاوى الهدي والأضاحي
اجتماع العقيقة مع الأضحية
السؤال:
إذا اجتمعت النسيكة مع أضحية العيد هل يمكن الاكتفاء بذبيحة واحدةٍ؟
الجواب:
الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على محمد وعلى آله وأصحابه وإخوانه إلى يوم الدين، أمّا بعد:
ففي مذهب الحنابلة يجوز الاكتفاء بذبيحة واحدة عملا بالقياس، قياسا على اجتماع يوم عيد مع يوم جمعة (١- انظر الإنصاف للمرداوي: (4/101))
واكتفاء بغسل واحدٍ لأحدهما ولكن الظاهر أنّه لا يجوز أن يقوم الذبح الواحد عنهما، لأنّهما قربتان مختلفتان لا تجتمعان بفعل واحد إلاّ إذا جاء دليل، ولا دليل على ذلك لقوله صلى الله عليه وآله وسلم: » إنّما الأعمال بالنيات وإنّما لكلّ امرئ ما نوى» (٢- متفق على صحته ، أخرجه البخاري (1/ 9، 135 ) ومسلم (13/53) وأصحاب السنن الأربعة من حديث عمر بن الخطاب رضي الله عنه)
ولا شك أنّ مقابلة الجمع الذي هو “الأعمال” للجمع الآخر الذي هو “النيات”، يقتضي القسمة آحادا أي لكلّ عمل نية، هذا هو الأصل ولا يُخرج عن هذا الأصل إلاّ إذا وجد دليل(٣- انظر مسألة” تشريك قربتين بعمل واحد” في العدد : (4/54) من رسالتي : ” محاسن العبارة في تجلية مقفلات الطهارة “) والقياس في التعبدات لايصلح دليلا.
والله أعلم وآخر دعوانا أن الحمد لله ربّ العالمين وصلّى الله على محمّـد وعلى آله وصحبه والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين، وسلم تسليما.
١- انظر الإنصاف للمرداوي: (4/101).
٢ - متفق على صحته، أخرجه البخاري: (1/9، 35) ومسلم: (13/53) وأصحاب السنن الأربعة من حديث عمر بن الخطاب رضي الله عنه.
٣ - انظر مسألة « تشريك قربتين بعمل واحد» في العدد: (4/54) من رسالتي: « محاسن العبارة في تجلية مقفلات الطهارة».
0 Comments:
Post a Comment